Baru Meluncur, China Langsung Blokir Google Drive

detail berita
Google Drive (foto: Google)
BEIJING - Layanan penyimpanan cloud dari Google baru saja hadir. Namun dalam hitungan jam, China langsung memblokir layanan tersebut. Hal ini serupa dengan pengalaman layanan internet lain yang berasal dari barat.

Diwartakan The Next Web, Rabu (25/4/2012), mengingat sejarah Google di China, pemblokiran ini mungkin tidak terlalu mengejutkan. Langkah yang diambil pemerintah Negeri Tirai Bambu itu bisa saja berarti kesempatan bagi Baidu.

Raksasa internet China, Baidu sendiri telah meluncurkan Wangpan yang merupakan layanan penyimpanan cloud versi beta pada Maret lalu. Berbeda dengan layanan Google, Baidu membatasi jumlah pengguna awalnya sekira 5.000 undangan per hari.

Pada dasarnya Wangpan memiliki kompetensi cukup baik untuk mengahadapi persaingan. Google  Drive yang menggantikan Google Docs, menawarkan penggunanya kapasitas penyimpanan seluas 5GB. Kapasitas Google tersebut lebih tinggi ketimbang Dropbox, namun lebih rendah ketimbang SkyDrive.

Wangpan menawarkan kapasitas yang besar sekira 25GB. hal tersebut masih ditambah dengan kesempatan untuk meningkatkan kapasitas itu melalui sebuah nomor yang akan segera diumumkan.

Sementara Wangpan saat ini merupakan potensi terbesar yang sedang aktif di China, nampaknya ada kesempatan datangnya layanan baru di pasar. Layanan ini akan memberikan pilihan tambahan untuk pengguna, misalnya seperti Instagram, Path dan lain-lain. (fmh)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana jenis cacing yang menyerang Manusia?

Lirik Lagu Tae Yang - Take It Slow