Indonesia Dapat Berikan Pegaruh Baik Bagi Myanmar

JAKARTA - Konflik etnis Rohingya dengan etnis Rakhine di Myanmar masih berlangsung. Pemecahan untuk mengatasi konflik hingga kini masih belum membuahkan hasil.

Bagi Duta Besar Uni Eropa (UE) untuk Indonesia Julian Wilson, Indonesia sebagai negara anggota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), dianggap mampu memberikan pengaruh baik bagi Myanmar, khususnya untuk mengatasi konflik di negeri yang tengah melakukan reformasi. Hal ini yang disampaikan oleh Dubes Wilson kepada Okezone, di Jakarta, Selasa (13/11/2012).

Mengenai isu Myanmar, Apakah menurut anda respon negara ASEAN mengenai konflik etnis di Myanmar sudah memuaskan? 

Saya percaya bahwa rekan-rekan saya di ASEAN telah bekerja keras untuk mengatasi isu tersebut di belakang layar. Itu bagus, namun saya pikir harus ada statemen publik yang dikeluarkan oleh negara-negara ASEAN yang menyatakan bahwa mereka mendukung penegakan HAM di kawasan tersebut. 

Dan mereka mendukung hak-hak yang dimiliki oleh orang Rohingya di Myanmar. Termasuk hak untuk hidup dan juga hak untuk beragama.

Apakah Indonesia dapat berperan dalam penyelesaian konflik?

Saya yakin Indonesia dapat berperan dalam penyelesaian konflik Myanmar. Indonesia dapat memberikan pengaruh baik untuk Myanmar dalam melakukan proses demokratisasi. Kemajuan Indonesia dalam menjalankan demokrasi sangatlah baik. 

Apakah masih ada tantangan mengenai pemecahan konflik di Myanmar?

Memang masih banyak tantangan-tantangan yang harus dihadapi Indonesia. Namun bahkan Uni Eropa masih memiliki banyak tantangan seperti Islamophobia misalnya. 

Sama seperti Indonesia Uni Eropa juga dipusingkan dengan kelompok radikal. Namun itu bukan berarti kita harus menyerah terhadap kelompok radikal tersebut kita harus tetap menjalankan demokrasi.(faj)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana jenis cacing yang menyerang Manusia?

Lirik Lagu Tae Yang - Take It Slow